Beranda > Ngaji, Tabligh > Umar bin Khathab yang Tegas pun Lembut pada Isterinya

Umar bin Khathab yang Tegas pun Lembut pada Isterinya

Kisah ini ditulis dalam kitab Uqudullujain,

Diriwayatkan, bahwa ada seorang lelaki mendatangi Umar bin Khaththab radliyallahu anhu, untuk mengadukan tentang perangai buruk isterinya. Ia menunggu Umar di depan pintu rumah. Kebetulan lelaki itu mendengar isteri Umar sedang memarahinya, sementara Umar diam saja tak menanggapinya. Lalu orang itu pulang dan dan berkata (dalam hati): “Jika keadaan Amir al-Mukminin seperti ini, lalu bagaimana dengan saya ?.”
Tak lama kemudian Umar keluar dan melihatnya berpaling. Lalu Umar memanggilnya: ” Apa keperluanmu ?”
Lelaki itu menjawab: “Wahai Amir al-Mukminin, sebenarnya saya datang untuk mengadukan perangai dan perbuatan isteri saya kepada saya, namun saya mendengar hal yang sama terjadi pada isteri tuan, akhirnya saya beranjak pulang dan berkata (dalam hati): “Jika keadaan Amir al-Mukminin seperti ini, lalu bagaimana dengan saya ?”.
Umar pun berkata kepadanya: “Wahai saudaraku ! Saya tetap sabar (atas perbuatannya), karena itu memang kewajiban saya. Isteri sayalah yang memasakkan makanan saya, membuatkan roti untuk saya, mencucikan pakaian, dan menyusui anak saya, sedangkan itu bukanlah merupakan kewajibannya. Di samping itu hati saya merasa tenang (untuk tidak melakukan perbuatan haram). Karena itulah saya tetap sabar atas perbuatannya itu”. “Dari itu, bersabarlah wahai saudaraku. Ini hanya sebentar”, Jawab Umar.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: