Beranda > Aneh-dot, Cangkruk > Mbah Bisyri dan Mbah Wahab Tentang Qurban

Mbah Bisyri dan Mbah Wahab Tentang Qurban

* dikutip dari sebuah Grup Facebook, ISLAM DENGAN SUNNAH DAN BID’AH HASANAH 2

 

KH. Bisyri Sjamsuri dan KH. Abdul Wahab Chasbullah adalah ulama besar Nusantara yang kontribusinya pada mulai aman pergerakan Nasional, samapai Kemerdekaan samapai sekade setelahnya sangat besar, keduanya bersahabat sejak muda dari pondok-kepondok mereka sering bersaman bahkan sampai ke belajar ke Makkah dan Madinah, sampai akhirnya mereka menjasi saudara ipar, karena KH. Bisyri dinikahkan dengan adik KH. Abdul Wahab, keduanya mempunyai karakter yang berbeda, KH. Bisyri Syamsuri dikenal ‘Fiqih sentris” sedangkan KH. Abdul Wahab dukenal sangat cerdas, ahli diplomasi karena pergaulan yang sangat luas.

Syahdan seperti biasanya menjelang Idul Qurban, ndalem “rumah” beliau selalu di banyak tamu, yang rata2 ingin berkorban pada hari raya qurban, suatau saat KH. Bisyri Syamsuri kedatangan seorang warga kampug yang ingin berhajat qurban, tamu itu kemudian menyampaikan pada Mbah Bisyri, “Mbah Alhamdulillah tahun ini saya berkorban 1 sapi, saya korbankan untuk 1stri dan 6 anak saya mbah!”, kata tamu tadi, kemudian Mbah Bisyri menjawab: “Tidak bisa 1 sapi jadi tunggangan 8 orang, Sapi itu tunggangannya 7 orang!, kemudian orang desa tadi menjawab: “tapi anak saya yang terakhirhir masih bayi mbah”, Mbah Bisyri tetap menjawab tidak bisa.

Kemudian oang kampung tadi pulang dalam keadaan lesu, kemudian oleh tetangganya di suruh showan ke Mbah Wahab, dan dia kemudian orang kampung tadi berkunjung ke Mbah Wahab, dan memyampaikan perihal masalah qurban tadi dan apa yang disampaikan mbah bisyri, Mbah Wahab menjawab ” Yang disampaikan Mbah Bisyri bener, tapi karena anakmu masih kecil mau nunggang sapi jelas tidak bisa, maka butuh tangga untuk bisa sama2 naik ke punggung sapi, dan tangganya adalah kambing”. Orang tua kampung tadi kemudian mukanya senang luar biasanya dengan jawaban mbah wahab, sebab seluruh keluarganya bisa naik punggung sapi

Kategori:Aneh-dot, Cangkruk Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: